Jadi Anak kuliah, Harus akrab dengan yang namanya KRS…

Mahasiswa DIII Kebidanan STIKES Bina Bangsa Majene Angkatan XVII

ALUR PENGISIAN KRS ONLINE STIKES BINA BANGSA MAJENE

Ada beberapa hal yang perlu adik-adik mahasiswa baru ketahui pada saat awal perkuliahan. Sistem perkuliahan di Perguruan Tinggi (PT) berbeda jauh dengan sistem pendidikan di SMA/SMK. Setelah menjadi mahasiswa, adik-adik dituntut untuk lebih mandiri dan bertanggung jawab, termasuk dalam menyusun rencana studi. Itulah sebabnya, mahasiswa baru perlu tahu salah satunya tentang KRS atau Kartu Rencana Studi.

Pertama, adik-adik harus tahu Apa itu KRS? KRS adalah singkatan dari Kartu Rencana Studi yakni sebuah lembar khusus berisi daftar mata kuliah yang akan mahasiswa ambil pada satu semester. Pengisian KRS biasanya dilakukan pada awal tiap semester. Selain mata kuliah yang diambil dan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester), terdapat pula informasi data mahasiswa, berupa nama, Nomor Induk Mahasiswa, fakultas, jurusan, dan tahun masuk kuliah.

Sebagai mahasiswa, wajib mengisi KRS jika ingin mengikuti perkuliahan pada semester yang akan berlangsung. Jika tidak, data-data Anda tidak akan terekam di database kampus untuk semester tersebut sehingga dianggap cuti. Akibat fatalnya, Anda tidak boleh mengikuti kegiatan perkuliahan apa pun dan terancam terlambat lulus.

Salah satu manfaat KRS adalah supaya mahasiswa mengetahui apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memulai perkuliahan pada semester baru. Sesuai namanya, KRS merupakan rencana atau strategi yang perlu Anda susun seefisien mungkin. Melalui pengisian KRS, Anda dapat menentukan jumlah mata kuliah yang akan diambil.

Lembaran ini akan sangat diperlukan pada kegiatan perkuliahan. Pasalnya, KRS merupakan bukti bahwa mahasiswa telah mengambil sejumlah mata kuliah wajib. Bahkan, salah satu syarat untuk mengikuti Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) adalah memiliki KRS pada semester yang sedang berjalan.

Kedua, Bagaimana cara mengisi KRS ONLINE?

  1. Mahasiswa MASUK ke laman WEB STIKES Bina Bangsa Majene ==https://www.stikesbbm.ac.id
  2. Klik Bagian Akademik lalu pilih Jurusan Anda
  3. Kemudian isi identitas dan mata kuliah yang dipilih berdasarkan Semester Anda
  4. Lengkapi tanggal pengisian KRS
  5. Mahasiswa yang bersangkutan bertanda tangan
  6. Selanjutnya Mahasiswa memilih Pembimbing Akademik (PA) dan meminta Tanda Tangan PA yang bersangkutan
  7. Langkah selanjutnya meminta Tanda Tangan Ketua I Bidang Akademik
  8. Setelah yakin semua item terisi dan terpenuhi, Mahasiswa dipersilahkan mengirimkan data KRS dengan cara klik SUBMIT
  9. Selanjutnya silahkan DOWNLOAD file PDF nya
  10. Kemudian PRINT OUT sebanyak 3 Rangkap dan silahkan bawa ke bagian ADMINISTRASI untuk di STEMPEL
  11. Terakhir melakukan PENGESAHAN di BENDAHARA dengan membawa KRS dan bukti pembayaran yang memenuhi s & k yang berlaku.

Untuk mengisi KRS, ada jadwal khusus yang telah ditentukan oleh pihak kampus. Mahasiswa harus mengetahui informasi ini dan menaatinya. Apabila masa pengisian KRS telah lewat, kamu dipastikan harus cuti kuliah. Jika ada yang keliru dan harus diubah setelah mengisi KRS, jangan khawatir, tersedia kesempatan bagi kamu untuk melakukan revisi.

Nah, demikian beberapa hal penting yang perlu adik-adik ketahui tentang apa itu KRS . Tidak perlu takut atau bingung karena Anda dapat memanfaatkan informasi resmi dari kampus untuk mengisi KRS. SELAMAT BERGABUNG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*