Jurnal STIKes Bina Bangsa Majene berbasis Open Journal System (OJS)

STIKes Bina Bangsa Majene melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) berhasil melakukan transformasi dari jurnal cetak menjadi jurnal online sesuai aturan yang saat ini berlaku dilingkungan Kemendikbudristek dikti.
Junaedi selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) sangat berbangga dengan hasil dan kinerja yang dicapai oleh STIKes Bina Bangsa Majene saat ini. “Berhasil melakukan transformasi jurnal cetak ke jurnal online bukan hal yang mudah”, kata ketua LPPM.
“Dari Tahun ke Tahun Alhamdulillah Jurnal semakin membaik, tahun 2018-2021 kita hanya punya 1 jurnal itupun masih dalam versi cetak , sekarang tahun 2022 kita berhasil menerbitkan Open journal System (OJS), Jurnal Ilmiah versi online kita miliki bernama Jurnal Pendidikan dan Teknologi Kesehatan (JPTK), ini capaian yg sangat luar biasa”, lanjutnya.
“Apalagi sekarang ini mau lanjut sekolah, mau naik pangkat, mau sertifikasi, mau penelitian itu sudah menjadi syarat wajib untuk dosen dan peneliti mempunyai publikasi di Jurnal online, secara teknis dengan adanya jurnal online, kita sebagai dosen tidak perlu khawatir lagi untuk menulis, kan sudah ada wadahnya”.
Ketua LPPM ini menjelaskan bahwa menuju pengelolaan jurnal yang berkelas maka butuh perjuangan, butuh support. Kedepan akan menjadi media diseminasi hasil riset para dosen/peneliti terutama yg dikejar target Luaran Publikasi dan sebetulnya ini akan memancing author untuk submit paper berkualitas ke jurnal dan tentu saja akan menjaga kontinuitas bahan baku artikel.
“Tahun 2022 ini akan direncanakan ada jurnal yang akan kita ajukan untuk Akreditasi nasional, mohon doa dan dukungannya. Ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya kami ucapkan kepada segenap pimpinan STIKes Bina Bangsa Majene Ibu ketua, para wakil ketua, para ketua prodi, ketua UPM dan rekan-rekan semua atas doa dan dukungannya, sehingga semua ini kita bisa capai, tak terkecuali semua dosen dan Pengelola Jurnal di STIKes Bina Bangsa Majene yang menjadi kapten tangguh mengelola jurnal”.
“Harapan saya sebagai Ketua LPPM agar jurnal ilmiah yg ada di kampus dapat meningkatkan kualitas indeksnya ke depan dan secara institusi, jurnal-jurnal ini harus tetap mendapat fully supports dari pimpinan institusi”, tutup Junaedi yg juga merupakan dosen di STIKes Bina Bangsa Majene.
Dihubungi secara terpisah, Ketua STIKes Bina Bangsa Majene Yulianah Sulaiman, S.Kep.,Ns.,M.Kep menjelaskan bahwa kampus selangkah lebih maju dengan adanya jurnal dalam versi online, “karena ini adalah sebuah keharusan untuk menjawab tantangan zaman saat ini. Ini adalah prestasi yg luar biasa atas kerja keras para pengelola jurnal didukung seluruh civitas akademika STIKes Bina Bangsa Majene, terutama komitmen pimpinan Institusi yg senantiasa mendorong dan memfasilitasi lahirnya jurnal yang bermutu sebagai salah satu syarat untuk mencapai mutu perguruan tinggi yang baik” ucap Ketua STIKes Bina Bangsa Majene.
Selamat dan sukses untuk pengelola dan kita semua. Mari kita bersama memajukan STIKes Bina Bangsa Majene melalui sistem pengelolaan jurnal yang bermutu serta memajukan kualitas dan kuantitas publikasi baik secara nasional ataupun internasional.

Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*